Jumat, 2 Agustus 2013
Hari ini bawa prestige
jalan-jalan, rencana sih mau nyari karet list jendela prestige tapi ternyata
tidak nemu. Saat berhenti di salah satu toko, si prestige ndak mau di starter,
gejalanya mirip kayak aki tekor dan ndak kuat buat start, saat di start cuma
bunyi ngeeek. setelah beberapa kali start baru mau hidup mesinnya.
Sampai rumah langsung
cek tegangan aki, ternyata normal masih 11 volt lebih. Dugaan berikutnya adalah
jalur kelistrikan menuju motor starter kurang bagus atau juga motor starter
sudah lemah. Mengingat motor starter prestige menggunakan magnet induksi (bukan
magnet permanen), maka seharusnya kalau kondisi dingin mudah di starter begitu
pula kondisi panas juga mudah di starter. Berikutnya kecurigaan menguat
terhadap buruknya jalur kelistrikan menuju starter.
Segera deh di
tambahkan kabel massa pada jalur standar ground mesin yang kebetulan lokasinya
dekat dengan motor starter. Kabel Ground yang panjang Rp. 20 ribu yang pendek
Rp. 15 ribu. Sebenarnya cuma butuh yang pendek 1 buah. Tapi sekalian aja beli 1
pendek, 3 panjang (ke body). Jadi habis 75 ribu untuk kabel ground.
Mumpung lagi rapi-rapi
kelistrikan sekalian deh mo nyoba pasang voltage stabiliser. Langsung deh pergi
ke toko elektronik membeli beberapa biji elko mulai dari 4,7uF/16 volt sampai
4700uF/16 volt, sayangnya nda ada stok elko ukuran 10000uF. beli juga papan PCB
lubang, resistor dan LED sebagai indikator. Total habis sekitar 15 ribuan.
Setelah semua komponen
di solder, langsung saya pasang dengan pengaman skering 15A.
Review setelah
pemasangan kabel ground dan voltage stabiliser :
1. Starter jadi
enteng, baik mesin panas maupun dingin (ndak tahu nih efek dari kabel ground
atau voltage stabiliser).
2. Mesin jadi lebih
halus, ini lebih terasa pada RPM tinggi, kalo idle ndak terlalu terasa.
3. Pada sektor audio
terasa lebih bagus, terutama bass jadi terasa lebih bulat.
Mungkin itu dulu,
nanti kalo nemu efek lain baru saya update lagi infonya.
dimana masang nya ya?
ReplyDeleteSemuanya masang sendiri, voltase stabilizer juga nyolder sendiri, gampang kok. Googling saja pasti banyak skema voltase stabilizer beredar. Voltase stabilizer bisa di pasang dimana saja yang penting dapat jalur + dan ground. Kalau kabel ground tambahan pasang dari negatif baterai / aki ke titik-titik yang dicurigai punya koneksi massa/ground kurang baik.
ReplyDeletekalo jalur plus nya dari mana om yg gampang?
ReplyDelete